Senin, 05 Desember 2011 By: sanggar bunga padi

Lomba Menulis Surat untuk Ibu

Setiap tanggal 22 Desember, masyarakat Indonesia memperingati Hari Ibu. Awalnya, peringatan Hari Ibu ini ditujukan untuk mengenang semangat para perempuan Indonesia yang berjuang untuk merdeka sekaligus memperbaiki kondisi bangsa. Hari ini, Hari Ibu diperingati sebagai wujud kepedulian akan besar dan pentingnya peran ibu yang dengan perasaan tulus ikhlas mengasuh dan membimbing dan membesarkan anak-anaknya dengan sebesar-besarnya cinta dan kasih sayang.

Bahwa wujud kepedulian dan cinta kita kepada ibu harus dilakukan setiap harinya, adalah benar belaka. Kita tidak boleh mengejawantahkan cinta dan kepedulian kepada ibu hanya pada hari itu saja. Dalam setiap degup jantung kita hendaknya selalu maujud cinta dan kasih sayang kepada ibu. Barangkali, penetapan hari ibu oleh pemerintah ini disamping alasan historis juga  sebagai bentuk penghargaan negara akan pentingnya keberadaan ibu dalam membentuk karakter dan kepribadian setiap anak, yang pada gilirannya diharapkan dapat terbentuk pula kepribadian dan karakter bangsa. Dalam pikiran positif kita, setiap ibu dapat dipastikan melakukan peran tersebut dengan sepenuhnya tanggung jawab dan ketulusan cintanya.


Banyak hal yang bisa dan biasa dilakukan untuk memperingati Hari Ibu ini. Dan, Sanggar Bunga Padi memilih sebuah lomba menulis surat untuk ibu, sebagai wujud ekspresi terima kasih dan rasa syukur atas cinta dan kasih sayang ibu tersebut.

Lomba Menulis Surat untuk Ibu ini diperuntukkan bagi siswa SD dan SMP, dengan kategori: Siswa SD kelas 1 - 3 untuk Kategori A; siswa SD kelas 4 - 6 untuk Kategori B; dan siswa SMP untuk Kategori C. Adapun persyaratannya: (1) Naskah harus karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan; (2)Naskah ditulis dengan tulisan tangan dengan panjang tulisan untuk Kategori A sebanyak 1 (satu) halam folio, Kategori B sebanyak 1,5 halaman folio, dan Kategori C sebanyak minimal 2,5 halaman folio; (3) Sepuluh (10) terbaik dari masing-masing kategori akan diterbitkan menjadi buku; (4) Juara 1 - 3 masing-masing kategori berhak mendapatkan Piala, Piagam dan Bingkisan Buku; (5) Naskah dengan dilampiri biodata pribadi dan pada sudut kiri atas amplop ditulis kategori lomba yang diikuti, diterima paling lambat tanggal 22 Desember 2011 (cap pos) ke alamat: SANGGAR BUNGA PADI dengan alamat DOBANGSAN RT 19 RW 09 GIRIPENI, WATES, KULON PROGO, DI YOGYAKARTA 55612.

Sedangkan pengumuman pemenang akan dilaksanakan tanggal 1 Januari 2012. Dewan Yuri pada lomba ini adalah Teguh Winarsho AS (seorang cerpenis dan novelis), Didik Komaedi (seorang penulis sekaligus pendidik/guru), dan Nining Sunartiningsih, SS (seorang aktivis perempuan).

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...