Sabtu, 04 Februari 2012 By: sanggar bunga padi

Maulid Nabi dan Misi Penegakan Keadilan

Sudah berapa kali kita menyelenggarakan perayaan atau peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw? Dan sudah seperti apakah hikmah peringatan Maulid itu yang dapat kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari? Pertanyaan ini menjadi penting tatkala mendekati masa-masa kaum muslimin di sementara negeri merayakan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw itu.
Nabi Muhammad Saw dan para nabi sebelumnya diutus oleh Allah Swt sebagai rahmat bagi alam dan kaum sekelilingnya. Hal itu dilakukan oleh Allah karena Dia sendiri yang telah menetapkan diri-Nya untuk memberi rahmat dan kasih sayang kepada ciptaan-Nya. Allah berfirman dalam Qs. Al An’am ayat 12 yang terjemahnya, “Dia telah menetapkan atas diri-Nya rahmat.” Karena rahmat dan kasih sayang-Nyalah, Allah ingin hamba-hamba-Nya sampai kepada tingkat kesempurnaan, sesuai kemampuan yang ada dalam diri mereka.

Allah telah membekali manusia dengan perlengkapan untuk mencapai kesempurnaan itu. Potensi untuk bergerak ke arah itu telah ditanamkan Allah ke dalam seluruh makhluk-Nya. Kecenderungan kepada kesempurnaan merupakan fitrah seluruh makhluk. Dalan Qs. Al-A’la ayat 2 disebutkan “Allah yang menciptakan dan menyempurnakan (penciptaan-Nya).” Ketika manusia menempuh jalan kepada kesempurnaan, ia memerlukan bimbingan Allah Swt. Dia ingin menunjukkan agar manusia tidak salah jalan.

Untuk itulah Allah mengutus para nabi, untuk mengarahkan manusia mencapai tujuan yang sebaik-baiknya. Pengiriman nabi kepada manusia adalah ungkapan dari rahmat dan anugerah Allah. Sebuah karunia yang berasal dari sifat Lathif Allah Swt.

Diantara rahmat Allah kepada manusia yang diemban menjadi misi kenabian adalah bahwa nabi dibangkitkan oleh Allah Swt untuk menegakkan keadilan di tengah-tengah umat manusia dan juga agar umat manusia bangkit untuk menegakkan keadilan. Dalam Qs. Al-Hadid ayat 25 terkandung petikan firman Allah, “Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka al-Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan.”

Pada masa diutusnya para nabi, keadilan di masyarakat memang sedang berada di titik nadhir. Masyarakat miskin dan kaum yang terkalahkan mengalami penindasan dari golongan kaya raya dan para ningrat suku. Perlakuan semena-mena yang diterima kaum lemah seakan menghilangkan rahmat dan anugerah Allah Swt yang seharusnya dinikmati oleh seluruh umat manusia secara adil dan merata. Dalam kondisi demikian, kebangkitan para nabi di tengah-tengah kaum lemah itu menjadi pendobrak kebekuan masyarakat yang tidak berani bangkit menentang ketidakadilan nyang melanda.

Memang untuk membangkitkan keberanian masyarakat yang dilanda apatisme karena terlalu lama dikalahkan dibutuhkan seseorang yang kharismatik, yang mempunyai integritas tinggi dan keberanian lebih dibanding lingkungannya. Karenanya para nabi dibangkitkan oleh Allah Swt untuk memimpin dan mengarahkan kebangkitan itu, agar tidak menjadi kebangkitan yang tidak tentu arah. Kebangkitan yang dipimpin para nabi niscaya menuju jalan yang benar, jalan yang lurus, jalan tauhid dan berujung kepada Allah Swt. Dengan demikian keadilan yang ditegakkan adalah keadilan yang hakiki.

Jika peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw yang saban tahun kita adakan adalah dalam rangka meneladani peri hidup dan perjuangan Nabi Muhammad, maka bisakah misi penegakan keadilan dan kebangkitan perjuangan menegakkan keadilan kita raih? Di saat negeri kita saat ini dilanda keterpurukan di bidang hukum dan keadilan, peringatan Maulid Nabi dengan fokus salah satu misi kenabian ini sewajarnya menjadi perhatian yang sungguh-sungguh. Dahulu tatkala Nabi Muhammad diutus dalam masyarakat yang rusak tatanan sosialnya kemudian berhasil membina masyarakat yang berkeadilan dan beradab, maka menjadi sangat relevan jika peranan nabi itu kita terapkan pula di masyarakat kita yang saat ini sedang dalam goncangan politik, sosial dan hukum yang dahsyat.

Kita tidak ingin peringatan Maulid Nabi Muhammad itu sekadar menjadi seremoni yang kurang mendalam, seolah-olah kita

menggali ingatan sejarah tentang kelahiran Nabi Muhammad Saw tetapi setelah itu kita tidak berani menerapkan misi kenabian itu di tengah-tengah kita. Salah satunya adalah soal keadilan ini. Bisakah hikmah peringatan Maulid Nabi Muhammad ini membuahkan perubahan aras keadilan masyarakat ke arah yang lebih baik, ataukah akan sama saja? Bukankah menegakkan keadilan dan membangkitkan semangat masyarakat untuk menegakkan keadilan adalah salah satu misi nabi yang fundamental? Allahu a’lam.(Zainul Arifin/Pontianak)

1 komentar:

ANNAS mengatakan...

Datangnya pertolongan Allah itu disyaratkan adanya pertolongan kita kepada agama-Nya. Bahkan sangat penting para aktivis yang ikhlas itu mengerahkan segala kesungguhan dan daya-upayanya, bahkan untuk melipatgandakan upayanya. Hal itu dibarengi dengan kesanggupan menanggung kesulitan, apapun bentuknya. Mereka harus menghiasi diri dengan kesabaran dan keteguhan dalam kebenaran. Mereka harus berpegang teguh dengan mabda’ (ideologi) Islam dan pada metode Rasul Saw. hingga tercapai yang mereka inginkan.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...